TANGGAPAN GURU SEKOLAH DASAR PENJASORKES TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 SE-KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Tri, Sejati (2017) TANGGAPAN GURU SEKOLAH DASAR PENJASORKES TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 SE-KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TRI SEJATI (13604221054).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran PJOK belum terlaksana dengan baik mulai dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, terutama dalam proses pembelajaran melalui pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan guru sekolah dasar penjasorkes terhadap proses pembelajaran PJOK melalui pendekatan saintifik kurikulum 2013 se Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode survei, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes yang mengajar di sekolah dasar di Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Sampel penelitian ini yaitu 16 guru pendidikan jasmani dari 14 sekolah dasar di Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo yang sudah menerapkan kurikulum 2013 dalam pembelajarannya. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi dengan persentase yang dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan guru sekolah dasar penjasorkes terhadap proses pembelajaran PJOK melalui pendekatan saintifik kurikulum 2013 se-Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo sebagian besar menunjukkan rata-rata baik. Secara rinci menunjukkan sebanyak 68,75% guru penjasorkes memiliki tanggapan baik, 31,25% guru penjasorkes memiliki tanggapan cukup baik, 0% guru penjasorkes memiliki tanggapan kurang baik, 0% guru penjasorkes memiliki tanggapan tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tanggapan, guru penjasorkes, pendekatan saintifik, kurikulum 2013
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Apr 2017 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 14:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48939

Actions (login required)

View Item View Item