FAKTOR PENGHAMBAT SISWA DALAM MENGIKUTI ESKTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL

Muhammad, Dian Jamili (2017) FAKTOR PENGHAMBAT SISWA DALAM MENGIKUTI ESKTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_muhammaddianjamili_12601244166_PJKR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri 1 Piyungan yang sudah berjalan akan tetapi belum maksimal. Ekstrakurikuler yang ada belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri 1 Piyungan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Piyungan yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket dengan jumlah 19 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri 1 Piyungan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri 1 Piyungan yang terletak di Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. berdasarkan faktor internal dari indikator jasmani dengan persentase sebesar 71,1% masuk kategori tinggi, psikologis persentase sebesar 76,3% masuk kategori sangat tinggi, dan kelelahan persentase sebesar 89,5% masuk kategori sangat tinggi. Sedangkan dari faktor eksternal dari indikator keluarga dengan persentase sebesar 50,0% masuk tinggi, sekolah persentase sebesar 86,8% masuk kategori cukup, sarana dan prasarana sebesar 63,2% masuk kategori tinggi dan masyarakat persentase sebesar 19,3% masuk kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian, maka faktor penghambat yang paling tinggi adalah faktor kelelahan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor penghambat, ekstrakurikuler, bolabasket.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Apr 2017 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 14:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48937

Actions (login required)

View Item View Item