PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

WIDIARSIH, TASYA (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TASYA WIDIARSIH_13803244017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017; (2) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017; (3) Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian adalah 132 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis 1 dan 2 dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa dengan koefisien korelasi rx1y 0,723; koefisien determinasi r2x1y sebesar 0,523; Y = 0,721X1 + 30,825 dan thitung sebesar 10,361 lebih besar dari ttabel sebesar 1,984. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,488; koefisien determinasi r2x2y sebesar 0,238; Y = 0,584X2 + 36,01; dan thitung sebesar 5,527 lebih besar dari ttabel sebesar 1,984. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa dengan koefisien korelasi Ry(1,2) sebesar 0,772; koefisien determinasi R2y(1,2) sebesar 0,597; Y = 0,630 X1 + 0,343 X2 + 11,540; dan Fhitung sebesar 71,717 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,09. Sumbangan efektif Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa sebesar 59,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa, Minat Belajar, Lingkungan Sekolah
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Apr 2017 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48921

Actions (login required)

View Item View Item