PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONCEPTUAL ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

Frastiyanti, Indri and Sukardiyono, Sukardiyono (2017) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONCEPTUAL ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Conceptual Attainment, mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik setelah diimplementasikan LKPD berbasis Conceptual Attainment. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian model 4-D (Four D Models) yang dilaksanakan dalam 4 tahap, meliputi: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). LKPD ditelaah oleh dosen dan guru fisika. LKPD hasil telaah digunakan untuk uji coba terbatas di kelas X MIA 3 berjumlah 27 peserta didik. Hasil revisi dari uji coba terbatas digunakan untuk uji coba lapangan di kelas X MIA 2 berjumlah 29 peserta didik di SMA N 1 Seyegan. Data uji coba terbatas dan uji coba lapangan diperoleh dari hasil penilaian terhadap pretest dan posttest, lembar penilaian keterampilan proses sains, serta angket respon peserta didik. Data tersebut kemudian dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) LKPD berbasis Conceptual Attainment yang layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA berdasarkan penilaian penelaah dengan kategori sangat baik. Hasil validasi terhadap butir soal pretest dan posttest pada keseluruhan aspek memiliki rata-rata koefisien Aiken sebesar 0,98 termasuk dalam kategori baik. Hasil respon peserta didik terhadap LKPD pada uji coba terbatas memiliki jumlah nilai kuantitatif sebesar 84,3 dan 88,9 pada uji coba lapangan, dimana keduanya dengan kualitas sangat baik. 2) peningkatan hasil belajar ranah kognitif berdasarkan Normalized Gain (g) adalah 0,69 untuk uji coba terbatas maupun uji coba lapangan dan termasuk dalam kategori interpretasi gain sedang. Hasil belajar ranah kognitif peserta didik mengalami peningkatan dari rata-rata 70 menjadi 75,56 pada kelas uji coba terbatas dan 76,28 pada kelas uji coba lapangan, dan 3) peningkatan keterampilan proses sains signifikan pada uji coba terbatas dengan range antara 0,3-0,4 dan pada uji coba lapangan dengan range antara 0,3-0,7. Rata-rata ketercapaian peserta didik pada keterampilan proses sains pada uji coba terbatas sebesar 91,3% dan 93% pada uji coba lapangan, dimana keduanya termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Conceptual Attainment, hasil belajar ranah kognitif, keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 27 Apr 2017 03:40
Last Modified: 30 Jan 2019 14:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48918

Actions (login required)

View Item View Item