Evaluasi Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SMA Negeri di Kota Ambon

Matital, Jacoba (2009) Evaluasi Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SMA Negeri di Kota Ambon. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jacoba-matital-07703251004.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan KTSP pada SMA Negeri di Kota Ambon, khususnya terkait dengan: (1) dukungan lingkungan eksternal (masyarakat sosial) dan internal (warga sekolah) terhadap penerapan KTSP; (2) kesiapan kepala sekolah dalam menerapkan KTSP; (3) kesiapan guru dalam penerapan KTSP; (4) kesiapan sarana prasarana dalam menunjang penerapan KTSP; (5) perencanaan kegiatan pembelajaran; (6) pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan penilaian, pelaksanaan program remedial dan pengayaan; (7) hasil belajar siswa; (8) pendapat guru dan siswa tentang penerapan KTSP di sekolah; dan (9) kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan KTSP. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, yang menggunakan pendekatan deskritif kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi CIPP (Context, Input, Proses, Produk). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di SMA Negeri 4 Ambon, dan SMA Negeri 10 Ambon. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskritif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dukungan eksternal (sosial masyarakat) dan internal (warga sekolah) baik; (2) kepala sekolah dari kedua sekolah tersebut dapat dikatakan satu kepala sekolah sudah siap dan satu kepala sekolah belum sepenuhnya siap dalam menerapkan KTSP; (3) guru pada SMA Negeri 4 Ambon dikatakan belum sepenuhnya siap dalam menerapkan KTSP, sementara guru pada SMA Negeri 10 Ambon dikatakan siap dalam menerapkan KTSP; (4) kedua sekolah memiliki sarana dan prasarana yang baik; (5) perencanaan kegiatan pembelajaran di kedua sekolah tersebut sudah baik yaitu dipersiapkan setiap awal tahun pelajaran; (6) guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 4 Ambon dinilai baik, dan SMA Negeri 10 Ambon dinilai sangat baik, pelaksanaan kegiatan penilaian di SMA Negeri 4 Ambon dinilai baik, dan SMA Negeri 10 Ambon dinilai sangat baik, program remedial dan pengayaan di kedua sekolah dinilai baik; (7) hasil belajar siswa untuk kedua sekolah, SMA Negeri 4 Ambon 92,0% siswa sudah mencapai standar ketuntasan belajar minimal (SKBM/KKM), dan di SMA Negeri 10 Ambon semua siswa sudah mencapai (SKBM/KKM) yang ditentukan oleh masing-masing sekolah; (8) pendapat guru dan siswa merespon baik mengenai penerapan KTSP di sekolah; (9) kendala yang dihadapi SMA Negeri 4 Ambon dalam penerapan KTSP adalah pemahaman guru terhadap konsep KTSP, kurangnya kemandirian guru dalam menyusun silabus, sarana prasarana yang masih kurang, dan kurangnya minat siswa dalam membeli buku, sedangkan di SMA Negeri 10 Ambon kendala yang dihadapi diantaranya rombongan belajar yang besar, masih kurang tenaga guru, dan minat siswa membeli buku masih kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2017 01:16
Last Modified: 29 Jan 2019 12:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48911

Actions (login required)

View Item View Item