PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Prasetyo, Jeni Dwi and Retnawati, Heri (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
Halaman cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada materi aritmetika sosial untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS oleh dosen ahli untuk mengukur kevalidan, angket respon guru terhadap RPP dan LKS serta angket respon siswa terhadap LKS untuk mengukur kepraktisan, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan. Hasil penelitian pengembangan ini ialah telah diketahui karakteristik perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pada materi aritmetika sosial untuk siswa SMP kelas VII, serta menunjukkan bahwa: (1) RPP yang dikembangkan dinyatakan valid, mendapatkan rata-rata skor tiap butir 3,80 dan rata-rata skor tiap aspek 3,88 dengan klasifikasi baik. Sedangkan LKS yang dikembangkan dinyatakan valid, mendapatkan rata-rata skor tiap butir 3,74 dan rata-rata skor tiap aspek 3,75 dengan klasifikasi baik (2) RPP dan LKS dinyatakan praktis, mendapatkan rata-rata skor tiap butir dan tiap aspek 4,89 dengan klasifikasi sangat baik melalui angket respon guru terhadap RPP dan mendapatkan rata-rata skor tiap butir 4,73 dan tiap aspek 4,75 dengan klasifikasi sangat baik melalui angket respon guru terhadap LKS, serta mendapatkan rata-rata skor tiap butir 4,07 dan tiap aspek 3,97 dengan klasifikasi baik melalui angket respon siswa (3) RPP dan LKS dinyatakan efektif, mendapatkan persentase keterlaksanaan pembelajaran keseluruhan adalah 94,1% dengan klasifikasi sangat baik serta persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 100% sehingga diklasifikasikan sangat baik. Kata kunci: RPP, LKS, Pembelajaran Berbasis Masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 27 Apr 2017 02:41
Last Modified: 30 Jan 2019 13:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48907

Actions (login required)

View Item View Item