UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI SDN JAGAMANGSAN 2 KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN

Pradika Wahyu, Romadhon (2017) UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI SDN JAGAMANGSAN 2 KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Pradika Wahyu Romadhon_PGSD Penjas_PTK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan merupakan salah satu hal penting yang berpengaruh dalam pembelajaran. Hasil pengamatan dari peneliti di SDN Jagamangsan 2 didapatkan bahwa kurangnya kedisiplinan siswa kelas III di SDN Jagamangsan 2 dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas III dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jamani melalui permainan tradisional. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas III III Di SD Negeri Jagamangsan 2 yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III mengalami peningkatan kedisiplinan setelah diberi tindakan oleh peneliti yang bertindak sebagai guru. Pada siklus I kedisiplinan siswa sebesar 81,94%. Tindakan pada siklus I, kedisiplinan siswa belum memenuhi indikator keberhasilan. Penelitian dikatakan berhasil jika tingkat kedisiplinan siswa minimal sebesar 86,00%. Dilanjutkan pada siklus II, bahwa semua aspek kedisiplinan siswa mengalami peningkatan. Pada siklus II kedisiplinan siswa sebesar 96,94%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kedisiplinan siswa kelas III dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui permainan tradisional di SDN Jagamangsan 2.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, permainan tradisional, penjas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2017 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 13:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48902

Actions (login required)

View Item View Item