Maghfiroh, Anissa and Sukardiyono, Sukardiyono (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS SCIENTIFIC INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FLUIDA DINAMIS PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI + LAMPIRAN ANISSA MAGHFIROH.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh produk instrumen berupa LKPD berbasis Scientific Investigation yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika materi ajar Fluida Dinamis di SMA kelas XI semester 2, 2) mengetahui ketercapaian peserta didik dalam menggunakan LKPD berbasis Scientific Investigation untuk meningkatakan keterampilan proses sains yang dikembangkan pada materi Fluida Dinamis di SMA kelas XI semester 2. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan dalam 5 tahap, yaitu: tahap menganalisis (analyze), mendesain (design), mengembangkan (develop), mengimplementasikan (implement), dan mengevaluasi (evaluate). LKPD divalidasi oleh dosen ahli dan guru fisika dan diujikan awal ke kelas XI MIA 1 dengan jumlah 15 peserta didik dan setelah LKPD direvisi kemudian diujikan ke kelas XI MIA 1 dengan jumlah 32 peserta didik di SMA Negeri 1 Seyegan untuk diidentifikasi keterpakaiannya. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) LKPD berbasis Scientific Investigation hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran fluida dinamis bagi peserta didik SMA kelas XI berdasarkan validasi dari ahli pada aspek penilaian didaktif, aspek konstruksi, dan aspek teknis memiliki validitas isi yang baik; 2) persentase ketercapaian peserta didik dalam melaksanakan serangkaian keterampilan proses sains kemampuan dalam menyusun hipotesis (83,3%), mengidentifikasi variabel (91,6%), menentukan alat dan bahan (83,3%), menuliskan data percobaan (68,8%), menganalisis data dan grafik (72,2%), menginterpretasi data (77,1%), dan membuat kesimpulan (91,6%). Berdasarkan persentase ketercapaian peserta didik dalam mengerjakan soal pretest 36,5% termasuk dalam kategori tidak baik dan posttest 72,0% termasuk dalam kategori cukup baik, sehingga dapat dihitung peningkatan ketercapaian kompetensi peserta didik dengan teknik N-Gain 0,6 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hal ini maka LKPD yang dikembangkan keterpakaiannya baik. Kata Kunci: lembar kerja peserta didik, keterampilan proses sains, scientific investigation
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 07:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |