Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Proyek dan Direct Instruction Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sleman

Choirunnisa, Fauziyah and Mundilarto, Mundilarto (2017) Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Proyek dan Direct Instruction Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sleman. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikanperbedaan pengaruh model proyek dan direct instruction dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran fisika, (2) Mengungkapkan perbedaan pengaruh model proyek dan direct instruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran fisika, dan (3) Mendeskripsikan perbedaan pengaruh model proyek dan direct instruction dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan desain penelitian Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester II SMA Negeri 2 Sleman tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik incidental sampling yang terdiri atas 30 siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas 1 dan 32 siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas 2, teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes (pretest dan posttest) dan angket motivasi belajar (angket awal dan angket akhir). Teknik pengujian instrument menggunakan program analisis butir ITEMAN dan teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji Manova dan Anava General Linear Model Mixed Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model proyek dengan model direct instructiondalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran fisika. Motivasi belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran proyek lebih besar dibandingkan dengan model direct instruction, (2) Terdapat pengaruh model proyek dengan model direct instructiondalam meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran fisika. Hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran proyek lebih besar dibandingkan dengan model direct instruction, dan (3) Terdapat pengaruh model proyek dengan model direct instructiondalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran fisika. Motivasi dan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran proyek lebih besar dibandingkan dengan model direct instruction Kata Kunci : Proyek, Direct Instruction, Motivasi, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 26 Apr 2017 07:45
Last Modified: 30 Jan 2019 13:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48900

Actions (login required)

View Item View Item