Pambudi, Agung Setya Sri (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DART GAME ACCOUNTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KOMPETENSI MENGELOLA KAS KECIL KELAS X KEUANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
Skripsi_AGUNG SETYA SRI PAMBUDI_13803241089.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Dart Game Accounting sebagai media pembelajaran untuk meningkatan Motivasi Belajar kelas X Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Dart Game Accounting; (3) mengetahui penilaian siswa kelas X Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten terhadap media pembelajaran Dart Game Accounting; (4) mengetahui peningkatan Motivasi Belajar siswa kelas X Keungan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten setelah menggunakan media pembelajaran Dart Game Accounting. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, Dart Game Accounting dinilai kelayakannya oleh 1 ahli materi (dosen Akuntansi FE UNY), 1 ahli media (dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY) dan 1 praktisi pembelajaran (guru akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten), 6 siswa uji coba kelompok kecil, dan 15 siswa uji coba lapangan. Pengukuran Motivasi Belajar dilakukan terhadap 21 siswa kelas X Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah melalui angket dan tes. Data yang diperoleh dari angket dan tes dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dart Game Accounting dikembangkan melalui lima tahapan yaitu: a) Analisis (Analysis), b) Desain (Design), c) Pengembangan (Development), d) Implementasi (Implementation), dan e) Evaluasi (Evaluation); (2) media pembelajaran Dart Game Accounting ini layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: a) Ahli Materi diperoleh rerata skor 4,80 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, b) Ahli Media diperoleh rerata skor 3,90 yang termasuk dalam kategori Layak, dan c) Praktisi Pembelajaran diperoleh rerata skor 4,20 termasuk dalam kategori Layak; (3) penilaian siswa terhadap media pada uji coba kelompok kecil diperoleh rerata skor 4,33 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan penilaian siswa pada uji coba lapangan diperoleh rerata skor 4,15 yang termasuk dalam kategori Layak; (4) berdasarkan analisis peningkatan motivasi belajar dengan gain score diperoleh peningkatan kategori sedang sebesar 0,35 sehingga media Dart Game Accounting dapat meningkatkan Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Dart Game Accounting, Motivasi Belajar. |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 08:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48898 |
Actions (login required)
View Item |