IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ISTIQOMAH, YULIA NUR (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULIA NUR I.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI); (2) meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, tes tertulis dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif yang meliputi analisis kualitas tes, menghitung skor Aktivitas Belajar Akuntansi, dan menghitung nilai Hasil Belajar Akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2016/2017. Skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi siswa meningkat dari siklus I sebesar 63,44% menjadi 86,33% pada siklus II atau meningkat sebesar 22,89% atau 36,08%. Jumlah siswa yang memperoleh skor Aktivitas Belajar Akuntansi ≥ 75% meningkat dari siklus I sebanyak 7 siswa (24,14%) menjadi 27 siswa (90,00%) pada siklus II atau meningkat sebesar 65,86%. Pada siklus I, nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi pada pre test sebesar 62,07 meningkat menjadi sebesar 81,90 pada post test atau meningkat sebesar 19,83 atau 31,95%. Pada siklus II, nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi pada pre test sebesar 60,50 meningkat menjadi sebesar 83,97 pada post test atau meningkat sebesar 23,47 atau 38,79%. Ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi siswa pada pre test siklus I sebesar 24,14% meningkat menjadi sebesar 72,41% pada post test atau meningkat sebesar 48,27%. Pada siklus II, ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi siswa meningkat dari pre test sebesar 23,33% menjadi sebesar 83,33% pada post test atau meningkat sebesar 60,00%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Akuntansi, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 25 Apr 2017 06:05
Last Modified: 30 Jan 2019 13:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48885

Actions (login required)

View Item View Item