TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG PENJAS ADAPTIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2016/2017

Yanuarita, Sari (2017) TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG PENJAS ADAPTIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah masih banyaknya guru pendidikan jasmani yang belum mengetahui dan menerapkan penjas adaptif bagi anak berkebutuhan khusus. Sebagai guru penjas sudah semestinya mengetahui materi dan penerapan penjas adaptif yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai seberapa tinggi tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani tentang Penjas adaptif bagi anak berkebutuhan khusus di SD se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, Subjek penelitian yang digunakan adalah guru pendidikan jasmani yang berada sekolah dasar negeri se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon progo yang berjumlah 20 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan dengan bentuk soal benar salah, sedangkan uji validitas dengan korelasi setiap faktor menggunakan bantuan program SPSS 16.0 dengan teknik korelasi Pearson Product Moment, diketahui dari 38 soal terdapat 4 soal yang gugur, sehingga tes yang digunakan dalam penelitian sebanyak 34 soal. Hasil uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh sebesar 0,969 sehingga dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian dan pembahasan di atas diperoleh tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani tentang penjas adaptif bagi anak berkebutuhan khusus di SD se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun 2016/2017 yang masuk pada kategori sangat tinggi sebesar 10,0 % (2 orang), pada kategori tinggi sebesar 10,0 % (2 orang), pada kategori cukup sebesar 45,0 % (9 orang), kategori kurang sebesar 35,0% (7 orang) dan kategori sangat kurang sebesar 0 % (0 guru).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, guru penjas, penjas adaptif
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Apr 2017 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 13:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48870

Actions (login required)

View Item View Item