PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CURIOUS NOTE PROGRAM (CNP) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA KELAS XI PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI

Putranta, Himawan and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CURIOUS NOTE PROGRAM (CNP) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA KELAS XI PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HIMAWAN PUTRANTA.pdf

Download (146MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk pengembangan LKPD berbasis model pembelajaran CNP yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas XI dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas XI dengan menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran CNP pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) menurut Thiagarajan dan Semmel (1974). Tahap define dilakukan untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan instrumen penelitian, rancangan awal RPP dan LKPD berbasis model pembelajaran CNP, beserta perangkat pembelajarannya. Tahap develop dilakukan untuk menghasilkan RPP dan LKPD berbasis model pembelajaran CNP serta soal pretest dan posttest keterampilan proses sains yang sudah direvisi berdasarkan komentar dan saran dari validator ahli dan praktisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Produk RPP dan LKPD yang dikembangkan diujicoba di MAN Yogyakarta 2 dengan mengambil 3 kelas yaitu 1 kelas (26 peserta didik) untuk uji coba terbatas dan 2 kelas (55 peserta didik) untuk uji coba lapangan. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran RPP dan LKPD berbasis model pembelajaran CNP dalam skala yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis model pembelajaran CNP yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi guna meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas XI ditinjau dari perolehan skor CVI hasil validasi sebesar 0,83 (sangat baik), tingkat persetujuan assesor sebesar 93,90% (reliabel), dan hasil respon peserta didik memperoleh skor CVI sebesar 0,31 (sangat baik). (2) Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas XI dengan menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran CNP pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi sebesar 14,58% dengan standar gain sebesar 0,18 yang termasuk dalam kategori rendah. Kata-kata kunci: Pengembangan LKPD, Curious Note Program, Keterampilan Proses Sains, dan Keseimbangan dan Dinamika Rotasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Apr 2017 03:44
Last Modified: 30 Jan 2019 13:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48859

Actions (login required)

View Item View Item