PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Dwi, Armanda (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_11502244008_Dwi_Armanda.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Teknik Audio Video di SMK Muahammadiyah 1 Bantul, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Teknik Audio Video di SMK Muahammadiyah 1 Bantul, (3) menerapkan modul pembelajaran mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Teknik Audio Video di SMK Muahammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pembelajaran Teknik Elektronika Dasar. Pengembangan modul pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Anik Ghufron. Model penelitian tersebut mempunyai empat tahapan dalam penelitian, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji lapangan dan tahap diseminasi. Modul pembelajaran mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media selanjutnya diujicobakan pada sembilan peserta didik kelas XI dan tiga puluh peserta didik kelas X jurusan Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Pengumpulan data menggunakan lembar angket/kuesioner skala Likert model empat pilihan. Kelayakan modul pembelajaran dapat diketahui dari hasil data penilaian dalam empat kategori, yaitu sangat layak/sangat baik, layak/baik, cukup layak/cukup baik dan tidak layak/tidak baik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah berupa modul pembelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Isi modul terdiri dari judul, pendahuluan, pembelajaran, evaluasi, kunci jawaban dan daftar pustaka. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul pembelajaran secara keseluruhan layak/baik digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan validasi isi oleh ahli materi diperoleh hasil sebesar 3,22 validasi konstruk oleh ahli media diperoleh hasil 3,31 dan uji pemakaian oleh siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebesar 3,31 media pembalajaran modul ini termasuk kategori layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: modul pembelajaran, teknik elektronika dasar, teknik audio video.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Apr 2017 03:27
Last Modified: 30 Jan 2019 13:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48852

Actions (login required)

View Item View Item