AUTO-MECHANICAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK OTOTRONIK SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Eka Tegar, Destian (2017) AUTO-MECHANICAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK OTOTRONIK SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Eka Tegar Destian_13502241006_Skripsi.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pengembangan, menguji unjuk kerja, dan menguji tingkat kelayakan Auto-Mechanical sebagai media pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknik Mikroprosesor siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Ototronik di SMK Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) dengan tahapan: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian; dan (9) Revisi Produk. Pengumpulan data meliputi pengujian, pengamatan, dan kuisioner (angket). Obyek penelitian ini adalah media pembelajaran Auto-Mechanical pada Mata Pelajaran Teknik Mikroprosesor. Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta 62 siswa kelas X (sepuluh) Teknik Ototronik SMK Negeri 1 Seyegan sebagai subyek uji coba pemakaian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa sebuah Auto-Mechanical sebagai media pembelajaran mikroprosesor aplikatif dengan 10 blok rangkaian percobaan meliputi (1) Head Lamp, (2) Hazard & Sign Lamp, (3) Warning Lamp, (4) Brightness Lamp Control, (5) Auto Rain System for Wiper, (6) Safety Lock System, (7) Rotary Back Mirror, (8) Power Window, (9) Moving Door, dan (10) Auto Brake System yang dilengkapi dengan modul panduan. Hasil validasi isi materi pengembangan media pembelajaran Auto-Mechanical oleh ahli materi mendapatkan prosentase sebesar 86,32% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi konstrak yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan prosentase sebesar 89,58% dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil uji coba pemakaian oleh siswa mendapatkan prosentase sebesar 85,15% dengan kategori sangat layak. Sehingga Auto-Mechanical dapat dikategorikan sangat layak sebagai media pembelajaran Teknik Mikroprosesor pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Ototronik di SMK Negeri 1 Seyegan. Kata Kunci: Auto-Mechanical, Teknik Mikroprosesor, Teknik Ototronik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Apr 2017 03:18
Last Modified: 30 Jan 2019 13:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48851

Actions (login required)

View Item View Item