PENGARUH PELAKSANAAN JAM BELAJAR MASYARAKAT DAN PERAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS TINGGI DI SD NEGERI GOLO

Wigati, Tutut (2017) PENGARUH PELAKSANAAN JAM BELAJAR MASYARAKAT DAN PERAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS TINGGI DI SD NEGERI GOLO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tutut Wigati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo, (2) pengaruh peran orangtua terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo, (3) pengaruh pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat dan peran orangtua terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expostfacto. Populasi penelitian ini sebanyak 65 siswa kelas IV,V,VI SD Negeri Golo yang bertempat tinggal di kelurahan Tahunan. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo dengan koefisien korelasi sebesar 0,490, koefisien Determinasi sebesar 0,240 dan persamaan garis regresi Y= 63,036+ 0,365 X1, (2) terdapat pengaruh peran orangtua terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo dengan koefisien korelasi sebesar 0,623 dan koefisien Determinasi sebesar 0,389 dan persamaan garis regresi Y= 61,213+ 0,384 X2,(3) terdapat pengaruh pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat dan peran orangtua terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri Golo dengan Fhitung sebesar 29,382 lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5%, koefisien Determinasi sebesar 0,503 dan persamaan garis regresi Y= 44, 780 + 0,250 X1 + 0,323 X2. Kata kunci: Pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat, Peran Orangtua, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Apr 2017 08:29
Last Modified: 30 Jan 2019 13:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48837

Actions (login required)

View Item View Item