PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN ACTIVE LEARNING TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS VA SD N BACIRO

Muslimah, Umi (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN ACTIVE LEARNING TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS VA SD N BACIRO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Umi Muslimah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA SD N Baciro menggunakan active learning tipe talking stick dalam mata pelajaran IPS tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri Baciro, Yogyakarta dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki – laki dan 11 siswa perempuan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan catatan lapangan. Sementara itu, analisis data menggunakan deskriptif kuantatif untuk menganalisis prestasi belajar siswa ketika menerapkan active learning tipe talking stick. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan active learning tipe talking stick dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA SD Negeri Baciro. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata – rata dan persentase ketuntasan pada pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata – rata siswa sebelum diberi tindakan active learning tipe talking stick yaitu 6,65 dengan persentase ketuntasan sebesar 23,8%. Setelah siswa diberi tindakan active learning tipe talking stick rata – rata dan persentase ketuntasan pada siklus I meningkat menjadi 7,71 dengan persentase ketuntasan sebesar 66,67% dan pada siklus II rata – rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 85,6 dengan persentase ketuntasan sebesar 90,48%. Kata kunci : prestasi belajar IPS, active learning tipe talking stick

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Apr 2017 06:31
Last Modified: 30 Jan 2019 13:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48836

Actions (login required)

View Item View Item