Analisis Kebahasaan Butir Soal Ujian Mata Pelajaran NONUNAS SMP di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta

Budiman, Budiman (2009) Analisis Kebahasaan Butir Soal Ujian Mata Pelajaran NONUNAS SMP di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-budiman-07706251002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan menginterpretasikan timbulnya kesalahan penerapan aspek kebahasaan pada butir soal ujian. Kesalahan penerapan aspek kebahasaan yang dimaksud meliputi: (1) ketidaktepatan penggunaan ejaan, (2) pilihan kata, dan (3) struktur kalimat pada butir-butir soal ujian mata pelajaran NONUNAS SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif sehinggat tidak memberikan perlakuan apa pun terhadap variabel penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen soal ujian tertulis pada mata pelajaran NONUNAS SMP. Dokumen soal ujian tersebut terdiri dari mata pelajaran PKn, IPS, Seni Budaya, dan Teknologi Informasi Komunikasi. Keempat mata pelajaran tersebut berasal dari SMP Negeri yang berstatus sebagai RSBI, SSN, dan Sekolah Potensial di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Tahun pelajaran 2007/2008. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dari 2275 butir soal yang diujikan terdapat 2073 ketidaktepatan penerapan aspek kebahasaan sesuai dengan pedoman kaidah penulisan soal. Jumlah tersebut terdiri dari 1923 penggunaan ejaan, 100 pilihan kata, dan 50 struktur kalimat. Jika ditinjau dari: (1) kelompok sekolah, yakni RSBI, SSN, dan Potensial, maka urutannya adalah 95,90%, 97,14%, dan 75,48%; (2) jumlah butir soal masing-masing mata pelajaran yang diujikan, yakni PKn, IPS, Seni Budaya, dan TIK, maka secara berturut-turut ketidaktepatan penerapan aspek kebahasaannya adalah RSBI 98%, 13,33%, 70%, dan 30%; SSN sebesar 77,10%, 57,06%, 77,64, dan 81,60%; dan (3) pada sekolah Potensial sebesar 61,25%, 48,96%, 57,71%, dan 61,42%. Dari keseluruhan jumlah butir soal yang diujikan pada ketiga kelompok sekolah tersebut terdapat 1504 (66,10%) butir soal tidak memenuhi kriteria soal yang berkualitas ditinjau dari aspek kebahasaannya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis kebahasaan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 19 Apr 2017 03:45
Last Modified: 19 Apr 2017 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48826

Actions (login required)

View Item View Item