Romadhoni, Ricky (2017) UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 BERBAH. S1 thesis, FMIPA UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
4.ABSTRAK.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan pendekatan keterampilan proses sains yang optimal yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Berbah. (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Berbah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)dengan menggunakan model spiral Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tahapan-tahapan ini dilaksanakan pada setiap siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi proses pembelajaran, lembar observasi keterampilan proses sains, dan soal evaluasi aspek kognitif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan keterampilan proses sains yang optimal dilakukan dengan enam langkah, yaitu guru menetapkan tujuan pembelajaran beserta keterampilan proses sains yang mau dicapai (meliputi keterampilan mengobservasi, mengklasifikasikan, memprediksi, mengukur, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan); guru mengajukan suatu permasalahan yang harus dicari jawabannya oleh siswa; siswa memprediksi berdasarkan permasalahan; siswa melakukan proses sains dengan mengikuti LKS yang disiapkan; guru membimbing siswa saat melaksanakan kegiatan; siswa menemukan jawaban atau hasil dari proses sains. (2) Rerata perolehan keterampilan proses sains pada siklus I sebesar 71,32 (kategori cukup) dimana 59,38 % siswa mencapai KKM dan pada siklus II sebesar 86,81 (kategori sangat baik) dimana 87,50 % siswa mencapai KKM. Rerata hasil tes kognitif pada siklus I sebesar 75 (kategori cukup) dimana 75 % siswa mencapai KKM. Guru kemudian melakukan pendekatan keterampilan proses lebih optimal lagi sehingga rerata perolehan keterampilan proses sains pada siklus II sebesar 74,06 (kategori cukup) dimana 90,63 % siswa mencapai KKM. Kata kunci: pendekatan keterampilan proses sains, keterampilan proses sains, hasil belajar. This research aimed to (1) know the application science process skills approach optimal that can enhance the science process skills and learning achievement for the students class VIII C SMP Negeri 2 Berbah. (2) know the science process skills improvement and the learning achievement for the students class VIII C SMP Negeri 2 Berbah. This research was class action research (CAR) by using Kemmis and Mc. Taggart spiral model which consist four stages planning, action, observation, and reflection. These stages was carried out on each cycle. The data collection instruments that used were learning process observation sheet, science process skills observation sheets, and cognitive aspects evaluation problem sheet. The data obtained were analyzed in qualitative and quantitative descriptive. The results showed that (1) science process skills approach which optimal was done with six steps, namely teachers set the learning aims and their science learning process (observing, classifying, predicting, measuring, communicating, and conclusing); teacher asked a problem that must be resolved by students; students predicting based on problems; students conduct scientific process by following worksheets prepared; teacher guide students when activity; students find answers results of process science. (2) Mean score of science process skills in cycle I of 71.32 (fair enough) with 59.38% of students achieving the passing grade and mean score of science process skills in cycle II was 86.81 (very good)with 87.50% of students achieving the passing grade. Mean score of cognitive test in cycle I was 75 (fair enough) with 75% of students achieving the passing grade and Mean score of cognitive test in cycle II was 74.06 (fair enough) with 90.63% of students achieving the passing grade.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | science process skills approach, science process skills, learning achievement. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 02:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48824 |
Actions (login required)
View Item |