PENGARUH LATIHAN KELINCAHAN DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PEMAIN SEPAKBOLA SSB SEYEGAN UNITED USIA 13-15 TAHUN

Ade Faisal, Iswadin (2017) PENGARUH LATIHAN KELINCAHAN DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PEMAIN SEPAKBOLA SSB SEYEGAN UNITED USIA 13-15 TAHUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
PDF SKRIPSI 12417144007.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menggiring bola pemain SSB Seyegan United belum seluruhnya baik karena ditemukan kemampuan siswa yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan kelincahan dan keseimbangan terhadap kemampuan menggiring bola pemain sepakbola SSB Seyegan United Usia 13-15 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini adalah pemain SSB Seyegan United usia 13-15 tahun yang berjumlah 20 anak. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan menggiring bola. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan kelincahan dan keseimbangan terhadap kemampuan menggiring bola pemain sepakbola SSB Seyegan United Usia 13-15 tahun. Apabila dilihat dari angka Mean Difference sebesar 5,27 dan rerata pretest sebesar 26,49, hal ini menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik 19,86% untuk kemampuan menggiring bola dibandingkan sebelum diberikan latihan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan, kelincahan, keseimbangan, menggiring bola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Apr 2017 03:00
Last Modified: 20 Apr 2017 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48821

Actions (login required)

View Item View Item