PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK2 SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2016/2017

PRATIWI, ARI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK2 SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_13803241069_ARI PRATIWI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Monopoli. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang dengan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI AK2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen data yang digunakan yaitu lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Monopoli dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 17,86% (relatif) dan 13,87% (absolut), dari siklus I sebesar 77,68% menjadi sebesar 91,55% pada siklus II. Hasil analisis data siklus II menunjukkan bahwa skor tersebut sudah mencapai kriteria minimal yang ditentukan yaitu sebesar 75%. Terdapat 10 indikator Aktivitas Belajar Akuntansi dalam penelitian ini dan kesepuluh indikator tersebut telah mencapai kriteria minimal yang ditentukan yaitu 75%. Selain itu secara individual skor Aktivitas Belajar Akuntansi yang diperoleh masing-masing siswa juga telah mencapai kriteria minimal yaitu 75%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Media Monopoli, Aktivitas Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Apr 2017 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 13:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48814

Actions (login required)

View Item View Item