PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI BAGIAN DAILY CHECK DEPO LOKOMOTIF YOGYAKARTA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Andri Wahyu, Setyawan (2017) PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI BAGIAN DAILY CHECK DEPO LOKOMOTIF YOGYAKARTA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO). S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran umum perusahaan, (2) Penerapan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di bagian Daily Check Depo Lokomotif Yogyakarta, (3) Kendala yang dihadapi, (4) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penerapan K3 di Daily Check Depo Lokomotif Yogyakarta PT. Kereta Api Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci yaitu KUPT Depo Lokomotif Yogyakarta yang merupakan pemimpin tertinggi di Depo Lokomotif Yogyakarta dan informan pendukung tediri dari kepala ruas luar (KR QC), KR Perencanaan, admin Daily Check, dan 2 (dua) orang pelaksana Daily Check. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Penerapan program K3 di bagian Daily Check Depo Lokomotif Yogyakarta PT.Kereta Api Indonesia meliputi: (a) K3 betujuan untuk menjamin dan melindungi kesehatan dan keselamatan tenaga kerja dari kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja, penggunaan APD oleh pegawai DC saat bekerja sudah cukup bagus. (b) Pembinaan K3 dengan komunikasi lisan maupun melalui media elektronik, pemasangan spanduk maupun poster tentang budaya K3, motivasi dan peringatan; (c) pengawasan K3 mencakup pengawasan kesehatan kerja, pengawasan keselamatan kerja dan pengawasan terhadap lingkungan kerja; (d) penyediaan fasilitas dan sarana K3 antara lain penyediaan APD, kotak P3K, sarana MCK, mushola, ruang ganti, locker room, klinik kesehatan, kantin, koperasi, rest area dan smoking area; (2) Kendala yang di hadapi dalam penerapan K3 antara lain kurangnya kepedulian, kesadaran dan pengetahuan pegawai tentang K3, kondisi fasilitas kurang maksimal karena keterbatasan anggaran; (3) Upaya dalam mengatasi kendala tersebut antara lain memberikan peringatan bila ada yang melanggar, menempelkan spanduk atau poster sebagai pengingat serta pengadaan SST sebagai upaya mengurangi potensi kecelakaan kerja. Kata kunci: Penerapan Kesehatan dan KeselamatanKerja (K3) viii KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:31
Last Modified: 20 Apr 2017 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48813

Actions (login required)

View Item View Item