PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI (AKUNTANSI) SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

HASANAH, PYPIET NOOR (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI (AKUNTANSI) SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PYPIET NOOR HASANAH_13803241013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi), (2) Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi), (3) Pengaruh Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi), (4) Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi) siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 91 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi) dengan rx1y=0,441, r2x1y=0,195, thitung=4,638 lebih besar dari ttabel=1,986 pada taraf signifikansi 5%, (2) Terdapat pengaruh positif Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi) dengan rx2y=0,328, r2x2y=0,107, thitung=3,273 lebih besar dari ttabel=1,986 pada taraf signifikansi 5%, (3) Terdapat pengaruh positif Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi) dengan rx3y=0,348, r2x3y=0,121, thitung=3,507 lebih besar dari ttabel=1,986 pada taraf signifikansi 5%, (4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi) siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2016/2017 dengan RY(1,2,3)=0,514, R2Y(1,2,3)=0,264, Fhitung=10,386 lebih besar dari Ftabel=2,709 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan relatif Motivasi Belajar sebesar 43,35%, Fasilitas Belajar sebesar 30,26%, dan Teman Sebaya sebesar 26,39%. Sumbangan efektif Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi) adalah sebesar 26,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Teman Sebaya, Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Apr 2017 01:10
Last Modified: 30 Jan 2019 13:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48810

Actions (login required)

View Item View Item