PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK N 1 MAGELANG

B. Kristiawan, Pratama Saputra (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK N 1 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B. Kristiawan Pratama_TAS_13501241003.pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tahapan- Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan dari Sugiyono (2014) yang meliputi tahapan-tahapan: (1) mengidentifikasi potensi dan masalah; (2) mengumpulkan informasi; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) uji coba produk terbatas; (7) revisi produk 1; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk 2; (10) pembuatan produk massal. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Ketenagalistrikan di SMK N 1 Magelang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Ketenagalistrikan di SMK N 1 Magelang. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert empat pilihan untuk memperoleh data kelayakan modul pembelajaran. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan berdasarkan pendapat dari para ahli (expert judgment), sedangkan realibilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Gambar Teknik berbasis masalah untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Ketenagalistrikan di SMK N 1 Magelang. Penilaian tingkat kelayakan modul pembelajaran meliputi aspek materi, aspek media, uji coba terbatas (small group test), dan uji coba pemakaian oleh 32 orang siswa. Kelayakan modul ditinjau dari validasi ahli materi mendapatkan kategori layak sebesar 33% dan sangat layak sebesar 67%. Kelayakan modul ditinjau dari validasi ahli media mendapatkan kategori layak sebesar 100%. Kelayakan modul dari hasil uji coba terbatas (small group test) menghasilkan kategori layak sebesar 30% dan sangat layak sebesar 70%. Pada uji coba pemakaian unjuk kerja modul akan terlihat karena modul diuji cobakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar siswa. Berdasarkan angket yang diisi oleh 32 orang siswa unjuk kerja modul pembelajaran mendapatkan kategori layak sebesar 25% dan sangat layak sebesar 75%. Kata kunci : Pengembangan Modul Pembelajaran, Gambar Teknik, PBL tahapan pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah yang tepat pada mata pelajaran Gambar Teknik untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Ketenagalistrikan di SMK N 1 Magelang (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Gambar Teknik untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Ketenagalistrikan di SMK N 1 Magelang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:34
Last Modified: 20 Apr 2017 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48808

Actions (login required)

View Item View Item