LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Rofaidha Kurniawati, Rofaidha Kurniawati (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13303241061_ROFAIDHA KURNIAWATI_P.KIMIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PPL adalah praktik pengalaman lapangan merupakan suatu kegiatan aplikatifyang dilakukan oleh mahasiswa ke sekolah langsung. Dengan kegiatan ini maka mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik. Di bangku perkuliahan didapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian ,pedagogik,profesional,dan sosial serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran kimia. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini dilakukan di SMK Ki Ageng Pemanahan ini di lakukan selama 2 bulan mulai dar i tanggal 15 Jul i 2016 sampai 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL ini , terdapat beberapa kegiatan yang di lakukan oleh mahasiswa yai tu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan atau praktik kegiatan sekolah. Kegiatan praktik mengajar di kelas dengan dibimbing oleh Guru Pembimbng yai tu Bapak Yas in Supangat , S.Pd. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas X sebanyak 3 kelas yaitu X MIPA 3, X MIPA 4, dan X MIPA 5. Sementara kegiatan praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini juga meliputi tadarus Asmaul Husna, mengaji bersama guru, dan melakukan absensi kelas. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 40 kali pertemuan di kelas dan melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahas iswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran di kelas sesuai dengan RPP. Hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat bantuan dar i Guru pembimbing dan DPL Pembimbing Lapangan sehingga kegiatan PPL dapat ber jalan dengan lancar dan member ikan manfaat untuk mahas iswa calon pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan,PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2017 00:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48803

Actions (login required)

View Item View Item