PENGEMBANGAN E-LEARNING MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 SEDAYU

Rudy, Rachida (2017) PENGEMBANGAN E-LEARNING MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model e-learning yang tepat untuk Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik, (2) mengetahui tingkat kelayakan e-learning Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik, dan (3) mengetahui persepsi pengguna terhadap e-learning mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan produk diadaptasi dari model ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap pengembangan, yaitu: (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Sedayu Bantul untuk melakukan uji respon pengguna. Penilaian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) model e-learning mata pelajaran Dasar dan Pengukuran listrik yang tepat meliputi unsur-unsur yaitu tata letak konten yang proporsional, tampilan sederhana dengan komposisi warna yang sesuai, dan fitur penunjang pembelajaran seperti akses materi pelajaran, diskusi, tugas, kuis; (2) kelayakan e-learning Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik dari ahli media diperoleh rerata dengan jumlah skor 79,50 dari 100 atau 79,5% sehingga masuk dalam kategori “Layak”, sedangkan kelayakan ditinjau dari ahli materi diperoleh rerata dengan jumlah skor 61,50 dari 84,00 atau 73,21% dalam kategori “Layak”, dan (3) persepsi pengguna oleh guru terhadap e-learning Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik diperoleh jumlah skor 81,00 dari 96,00 atau 84,38% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Baik”, sedangkan persepsi siswa diperoleh rerata dengan jumlah skor 65,60 dari 80 atau 81,25% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Baik” Kata kunci: E-learning, Dasar dan Pengukuran Listrik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Apr 2017 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 13:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48781

Actions (login required)

View Item View Item