PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK N 3 KLATEN

Riskiyah, Riskiyah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK N 3 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH TUGAS AKHIR SKRIPSI PDF.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1)mengetahui hasil belajar mata pelajaran Dasar Desain sebelum diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Klaten, (2) mengetahui hasil belajar mata pelajaran Dasar Desain setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Klaten, (3) mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran dasar desain terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK N 3 Klaten. Penelitian eksperimen ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi Eksperiment. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional Random Sampling. Cara menentukan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Dari populasi 102 siswa diperoleh sampel sebanyak 78 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk dengan hasil data dinyatakan layak dan valid. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar pre-test pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 73,01, nilai tertinggi 82 dan nilai terendah 62, siswa yang mencapai KKM sebanyak 23 siswa dan siswa yang nilainya dibawah KKM sebanyak 16 siswa. Sedangkan nilai pre-test pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,5, nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 64, siswa yang mencapai KKM sebanyak 25 siswa dan siswa yang nilainya dibawah KKM sebanyak 14 siswa (2) hasil belajar post-test pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 78,29, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 70, siswa yang mencapai KKM sebanyak 34 siswa dan siswa yang nilainya dibawah KKM sebanyak 5 siswa. Sedangkan post-test pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 86,42 dengan nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 75, siswa yang mencapai KKM sebanyak 39 siswa. (3) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Dasar Desain terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK N 3 Klaten. Berdasarkan hasil uji t-test yaitu 6,554 ≥ 1,991 atau t hitung > t tabel pada hasil post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw secara signifikan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci : Jigsaw, Dasar Desain, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 13:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48779

Actions (login required)

View Item View Item