PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ULANGAN HARIAN ONLINE UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN MENGETAHUI RESPON BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Anggraeni, Selvi and Ruwanto, Bambang (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ULANGAN HARIAN ONLINE UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN MENGETAHUI RESPON BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh instrumen penilaian Ulangan Harian Online yang layak untuk mengetahui penguasaan materi dan respon belajar peserta didik SMA pada materi hukum Newton tentang gravitasi (2) mengetahui keterlaksanaan instrumen Ulangan Harian Online pada materi hukum Newton tentang gravitasi; dan (3) mengetahui respon belajar peserta didik setelah menggunakan instrumen penilaian Ulangan Harian Online dalam penilaian fisika pada materi hukum Newton tentang gravitasi. Pengembangan dilakukan dengan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang dikembangkan berupa soal yang digunakan dalam media komputer melalui jaringan internet dan lembaran angket minat belajar. Validitas isi instrumen oleh ahli pendidikan fisika dan guru fisika SMA. Uji coba terbatas dilakukan pada 16 peserta didik kelas XI MIA 4 di SMA N 2 Magelang dengan hasil 13 dari 15 butir soal yang dikembangkan fit terhadap Rasch Model dan 7 dari 10 butir angket yang dikembangkan fit terhadap Partial Credit Model. Selanjutnya dilakukan revisi terhadap instrumen dan dilanjutkan tahap uji coba luas yang dilakukan pada 27 peserta didik kelas XI MIA 1 di SMA N 2 Magelang. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini telah: 1) diperoleh instrumen penilaian Ulangan Harian Online yang layak dan memenuhi syarat validitas isi dengan expert jugdements, dan mendapat bukti empiris berdasarkan uji coba sebanyak 12 butir soal yang fit dengan RM dan 7 butir angket yang fit dengan PCM, memiliki reliabilitas soal 0,30 dan angket sebesar 0,79, serta memiliki indeks kesukaran item mulai 0,36 sampai dengan 0,45; 2) persentase keterlaksanaan penerapan instrumen penilaian Ulangan Harian Online pada materi hukum Newton tentang gravitasi meliputi kategori sangat tinggi adalah 15%, tinggi 22%, sedang 26%, rendah 22%, dan sangat rendah 15%; dan 3) persentase respon belajar peserta didik pada kategori sangat tinggi 30%, tinggi 22%, sedang 41%, rendah 4%, dan sangat rendah 4%. Kata kunci: pengembangan instrumen penilaian, Ulangan Harian Online, penguasaan materi, respon belajar, hukum Newton tentang gravitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 13:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48778

Actions (login required)

View Item View Item