EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MODELING THE WAY TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMERIKSAAN AKHIR, SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 NGAWEN

Susri Hati, Ningrum (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MODELING THE WAY TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMERIKSAAN AKHIR, SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 NGAWEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pencapaian kompetensi pemeriksaan proses finishing dilihat dari nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. (2) perbedaan pencapaian kompetensi pemeriksaan akhir kelas dengan treatment metode modeling the way dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional; (3) efektivitas metode modeling the way pada pencapaian kompetensi pemeriksaan akhir. Pendekatan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X tata busana di SMK N 1 Ngawen dimana kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes berupa soal uraian (kognitif) dan non tes berupa lembar observasi sikap (afektif) dan lembar penilaian unjuk kerja (psikomotorik). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji t (independent sample ttest). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pencapaian kompetensi dilihat dari nilai pretest pada kelas kontrol 77% siswa belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata 69 dan kelas eksperimen 80% siswa belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata 70 sedangkan dilihat dari nilai posttest kelas kontrol 37% siswa belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata 76 dan kelas eksperimen hanya 10% siswa saja yang belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata 82. (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada pencapaian kompetensi pemeriksaan akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontol dibuktikan dengan uji independent sample t-test diperoleh nilai thitung > ttabel (4,533 > 2,002) atau (-4,533 < -2,002) dan signifikansi (0,000 < 0,05); (3) metode modeling the way dinyatakan lebih efektif pada pencapaian kompetensi pemeriksaan akhir, terbukti Pada pelaksanaan pembelajaran siswa terlibat langsung dalam pemeriksaan akhir sehingga hasil pembelajaran pada kelas eksperimen menunjukan bahwa 27 siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal atau 90% siswa kompeten. Kata kunci : efektivitas, modeling the way, kompetensi, pemeriksaan akhir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Apr 2017 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 13:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48777

Actions (login required)

View Item View Item