PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS NATURE OF PHYSICS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA 1 KASIHAN BANTUL

Setiawati Wododo, Esti and Sukardiyono, Sukardiyono (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS NATURE OF PHYSICS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA 1 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model Guided Discovery Learning berbasis Nature of Physics yang layak untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik SMA, dan (2) mendeskripsikan peningkatan penguasaan konsep fisika peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan perangkat bermodel Guided Discovery Learning berbasis Nature of Physics. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Tahap analyze merupakan tahap awal untuk mendefinisikan karakteristik produk dalam bentuk pedoman pembuatannya. Tahap design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD. Tahap develop dilakukan untuk memperoleh instrumen penelitian melalui validasi dan revisi berdasarkan komentar dan saran oleh validator ahli dan praktisi. Tahap implement dilakukan uji coba produk di SMA N 1 Kasihan. Tahap evaluate dilakukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi selama proses penelitian kemudian memperbaiki kesalahan tersebut. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, soal tes, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis kelayakan produk dilakukan dengan pengkategorian menggunakan pembagian kurva normal. Efektivitas produk dianalisis menggunakan standard gain <g>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran fisika model Guided Discovery Learning berbasis Nature of Physics layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi hukum Newton tentang gerak lurus, dan (2) besar peningkatan penguasaan konsep peserta didik ditunjukkan oleh nilai standard gain <g> sebesar 0,58 (sedang). Kata kunci: Perangkat pembelajaran Guided Discovery Learning, Nature of Physics, penguasaan konsep

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 19 Apr 2017 08:06
Last Modified: 30 Jan 2019 13:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48761

Actions (login required)

View Item View Item