Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Bilangan Bulat Kelas IV Sekolah Dasar Semester II

Hikmadewi, Elisa (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Bilangan Bulat Kelas IV Sekolah Dasar Semester II. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-elisa-hikmadewi-14712251009.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang layak dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi bilangan bulat kelas IV Sekolah Dasar Semester II. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan mengadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall yang dikelompokkan atas enam tahap, meliputi: (a) penelitian dan pengumpulan data, (b) perencanaan produk, (c) pengembangan produk, (d) validasi produk, (e) uji coba produk, dan (f) desiminasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Jatiseeng Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Subjek uji coba terdiri dari 3 siswa kelas IVA pada uji coba lapangan awal, 9 siswa kelas IVA pada uji coba lapangan, 20 siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas IVC sebagai kelas kontrol pada uji coba lapangan operasional. Data yang dikumpulkan berasal dari ahli materi, ahli media, dan siswa. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan observasi prasurvei, skala penilaian produk oleh ahli materi dan ahli media, angket respon siswa, angket motivasi belajar serta tes prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) kelayakan produk oleh ahli materi diperoleh rerata aspek materi sebesar 4,00, dan aspek pembelajaran sebesar 4,11. Kelayakan produk oleh ahli media diperoleh rerata aspek tampilan sebesar 4,33, aspek informasi tambahan sebesar 4,67, aspek pertimbangan afektif sebesar 4,00, aspek navigasi sebesar 4,00, aspek pedagogi sebesar 4,17, dan aspek ketahanan produk sebesar 4,00. Respon siswa terhadap produk pada uji coba lapangan awal diperoleh rerata aspek materi sebesar 3,78, aspek pembelajaran sebesar 4,00 dan aspek media sebesar 3,86, pada uji coba lapangan diperoleh rerata aspek materi sebesar 4,33, aspek pembelajaran sebesar 4,36, aspek media sebesar 4,39. (2) Hasil uji n-gain menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,738 > 0,294) dan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji n-gain menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,524 > 0,235), persentase ketuntasan belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol (90% > 36,36%), dan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan media powerpoint dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, diharapkan penggunaan produk ini dapat menjadi inovasi pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2017 06:50
Last Modified: 29 Jan 2019 12:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48758

Actions (login required)

View Item View Item