PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM KELOMPOK BELAJAR RIAS PENGANTIN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus di SKB Temanggung, Jawa Tengah)

Adi Ehtiawan, Adi (2017) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM KELOMPOK BELAJAR RIAS PENGANTIN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus di SKB Temanggung, Jawa Tengah). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Adi Ehtiawan_09102244036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui program kelompok belajar rias pengantin untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga peserta pelatihan di SKB Temanggung. 2) Dampak program pemberdayaan perempuan kelompok belajar rias pengantin untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga peserta didik di kabupaten Temanggung 3) Faktor penghambat dan faktor pendukung pemberdayaan perempuan melalui kejar rias pengantin untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga peserta didik di SKB Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola, pendidik dan peserta program ketrampilan tata rias. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang di bantu oleh pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program keterampilan tata rias pengantin yang dilakukan di SKB Temanggung membantu perempuan untuk mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui keterampilan 2) Dampak program keterampilan tata rias pengantin yaitu bagi peserta pelatihan dapat menambah keterampilan sehingga bisa membuka peluang usaha serta membuat kesehjateraan lebih mandiri, rasa kepuasan dari pengelola dan instruktur melihat peserta didiknya berhasil di masyarakat 3) Faktor pendukung keterampilan tata rias yaitu tanggapan yang positif dari perempuan yang di SKB Temanggung akan menjadi binaan SKB Temanggung yang akan mampu menjadikan saranan untuk meningkatkan kesejahteraan masayarakat. Faktor penghambat jarak tempuh ke tempat pelatihan yang jauh. Kata Kunci: Pemberdayaan Perempuan, Tatarias Pengantin, Kesejahteraan Keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 17 Apr 2017 06:23
Last Modified: 17 Apr 2017 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48757

Actions (login required)

View Item View Item