Pengembangan Modul Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani sebagai Sumber Belajar untuk Mata Pelajaran PJOK bagi Peserta Didik Kelas VII SMP

Sari, Fransisca Eka (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani sebagai Sumber Belajar untuk Mata Pelajaran PJOK bagi Peserta Didik Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fransisca-eka-sari-15711251088.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani yang dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk mata pelajaran PJOK bagi peserta didik kelas VII SMP. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Sugiyono. Desain pengembangan tersebut yaitu (1) mengidentifikasikan potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) uji efektivitas. Subjek uji coba produk adalah 30 peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Subjek uji coba pemakaian adalah 81 peserta didik kelas VII dari SMP Negeri 2 Yogyakarta, SMP Negeri 5 Yogyakarta, SMP Negeri 15 Yogyakarta. Serta uji efektivitas adalah 30 peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk modul pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani untuk peserta didik, lembar penilaian produk modul pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani untuk guru, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk uji kelayakan produk dan Uji Wilcoxon untuk uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas modul pembelajaran yang dikembangkan menurut penilaian ahli materi adalah “Sangat Baik”, dan penilaian dari ahli media adalah “Sangat Baik”. Besarnya rerata skor pada penilaian ahli materi adalah 5, dan besarnya rerata skor pada penilaian ahli media adalah 4,8. Penilaian dari guru adalah “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,3. Penilaian peserta didik adalah “Sangat Baik” dengan besar rerata skor sebagai berikut: aspek tampilan memiliki rerata skor 4,5 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”, aspek isi/materi memiliki rerata skor 4,5 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”, aspek pembelajaran memiliki rerata skor 4,5 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”, dan aspek keterbacaan memiliki rerata skor 4,55 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Rerata skor secara keseluruhan sebesar 4,5 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”, hasil dari uji efektivitas untuk pretest memiliki rerata skor 6,97 dan posttest memiliki rerata skor 9,93 sehingga hasil uji efektivitas adalah efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, aktivitas kebugaran jasmani
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2017 06:07
Last Modified: 12 Jan 2022 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48754

Actions (login required)

View Item View Item