PELAKSANAAN MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SD NEGERI GUGUS III DI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS JAWA TENGAH

Muhammad Mahatmansyah, Dwi Handika (2017) PELAKSANAAN MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SD NEGERI GUGUS III DI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
M Mahatmansyah DH-11604221043.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kekurangan yang ditemukan pada penerapan pendidikan olahraga dalam ranah pendidikan dasar, sehingga diperlukan penerapan sistematika manajemen guna meningkatkan mutu kegiatan ekstrakurikuler olahraga. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler olahraga di SD Negeri gugus III Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi embedded konkuren yaitu menggabungkan sumber data dalam satu waktu, dengan kuantitatif sebagai data utama dan kualitatif sebagai data pendukung. Subyek dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes. Teknik analisis data yaitu kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk persentase pengkategorian. Sedangkan kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler olahraga di SD Negeri gugus III di Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah secara rinci sebagai berikut: kategori rendah 2 sekolah (33,34%), kategori sedang 3 sekolah (50%), kategori sangat tinggi 1 sekolah (16,66%). Frekuensi tertinggi terdapat pada kategori sedang dengan interval 59,75 – 67,25 (50%). Hasil penelitian kualitatif sebagai data pendukung menunjukkan: (1) Koordinasi Kepala sekolah dan guru dalam perumusan matriks program, serta diperlukan pembenahan tujuan kegiatan dan pengelolaan sumber daya. (2) Sampel penelitian belum memiliki struktur organisasi dan penentuan tugas, dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia. (3) Kepala sekolah melakukan pendekatan psikologis dalam pendampingan, belum memberikan pembinaan peningkatan kompetensi maupun profesionalitas kegiatan. (4) Sampel penelitian belum melakukan analisis penilaian indikator program selain prestasi terhadap peserta didik, namun sekolah sudah memberikan penilaian secara deskriptif dalam buku rapor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Ekstrakurikuler Olahraga, Sekolah Dasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Apr 2017 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 13:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48751

Actions (login required)

View Item View Item