OTOMATISASI PENGENDALIAN PENCAHAYAAN UNTUK TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DENGAN SISTEM TANAM HIDROPONIK DI DALAM GREENHOUSE

Fajar Komala, Dyah and Sumarna, Sumarna (2017) OTOMATISASI PENGENDALIAN PENCAHAYAAN UNTUK TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DENGAN SISTEM TANAM HIDROPONIK DI DALAM GREENHOUSE. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Dyah Fajar Komala_12306141030.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sebuah alat kontrol intensitas cahaya otomatis untuk tanaman selada dengan sistem tanam hidroponik di dalam greenhouse berukuran (61 x 50 x 52) cm3 sesuai dengan nilai set point, yaitu pada nilai 25 lx, menganalisis sistem kontrol dari fungsi transfer yang diperoleh, dan mengetahui pengaruh kontrol intensitas cahaya terhadap pertumbuhan tanaman selada di dalam greenhouse. Sensor fotodioda dalam penelitian ini digunakan untuk mendeteksi intensitas cahaya. Rangkaian yang digunakan adalah Transimpedance Amplifier (TIA) yang dapat menguatkan arus yang dihasilkan fotodioda ketika menerima cahaya dan mengubahnya menjadi keluaran tegangan yang kemudian dibandingkan dengan nilai set point oleh mikrokontroler Arduino. Pengontrolan dilakukan secara closed-loop menggunakan saklar transistor dan relay untuk mengatur lampu LED dalam keadaan on atau off. LED digunakan sebagai supplemental lighting karena LED lebih aman, mudah dioperasikan, murah dan lebih hemat energi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem kontrol yang telah dibuat mampu bekerja sesuai dengan set point yang ditentukan, yaitu pada tegangan 2 V atau setara dengan intensitas sebesar 25 lx. Tanaman selada yang dikontrol mengalami pertumbuhan lebih baik daripada yang tidak dikontrol, yaitu selada memiliki daun sebanyak 7-11 helai dengan ukuran rata-rata 5 cm dan berwarna hijau-kekuningan. Kata Kunci: Sistem kontrol, intensitas cahaya, fotodioda, LED, tanaman selada.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 19 Apr 2017 07:14
Last Modified: 30 Jan 2019 13:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48748

Actions (login required)

View Item View Item