PENGEMBANGAN PERFORMANCE TASK ASSESSMENT SUB DESIGN AN EXPERIMENT UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Ghalda Alandia, Rahma and Suharyanto, Suharyanto (2017) PENGEMBANGAN PERFORMANCE TASK ASSESSMENT SUB DESIGN AN EXPERIMENT UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rahma Ghalda Alandia 13302244010.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk performance task assessment sub design an experiment yang layak untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik SMA, dan mengetahui efektivitas performance task assessment sub design an experiment dalam pembelajaran fisika melalui kegiatan eksperimen ditinjau dari keterampilan proses sains peserta didik pada bab gerak harmonik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Four D Models) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap diseminasi (disseminate). Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 MAN Yogyakarta 1 sebanyak 30 peserta didik untuk uji coba terbatas, serta peserta didik kelas XI MIPA 1 MAN Yogyakarta 1 sebanyak 34 peserta didik dan peserta didik XI MIPA 2 MAN Yogyakarta 1 sebanyak 26 peserta didik pada tahap uji coba lebih luas. Produk yang dikembangkan yaitu performance task assessment sub design an experiment yang telah melalui tahap validasi oleh validator ahli dan praktisi. Selanjutnya, setelah validasi dilakukan revisi dan diujicobakan terbatas. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang sudah baik, dilakukan uji coba lebih luas. Analisa data produk dan instrumen pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji validitas, content validity ratio (CVR) dan content validity Index (CVI), serta uji reliabilitas. Untuk data keefektifan performance task assessment sub design an experiment dalam pembelajaran fisika ditinjau dari keterampilan proses sains peserta didik dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian produk pengembangan performance task assessment sub design an experiment terdiri dari rubrik dan lembar penilaian. Rubrik berisi aspek-aspek performance task assessment sub design an experiment yang terdiri dari 5 (lima) aspek. Hasil pencapaian keterampilan proses sains peserta didik untuk kelas XI MIPA 3 mempunyai nilai rata-rata 3,02, sedangkan untuk XI MIPA 2 dan XI MIPA 1 masing-masing diperoleh nilai rata-rata 3,21 dan 3,12, dengan berinterpretasi baik. Kata kunci: performance task assessment, sub design an experiment, keterampilan proses sains, gerak harmonik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 19 Apr 2017 08:06
Last Modified: 30 Jan 2019 13:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48747

Actions (login required)

View Item View Item