Kemampuan Siswa SMP di Eks Karesidenan Kediri dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Model PISA dan TIMSS

Sari, Dwi Cahya (2017) Kemampuan Siswa SMP di Eks Karesidenan Kediri dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Model PISA dan TIMSS. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-cahya-sari-14709259003.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SMP di eks Karesidenan Kediri dalam menyelesaikan soal matematika model PISA dan TIMSS. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di eks Karesidenan Kediri pada tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian sebanyak 463 siswa untuk soal model PISA dan 465 siswa untuk soal model TIMSS yang berasal dari sekolah strata tinggi, sedang dan rendah berdasarkan nilai Ujian Nasional matematika. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan instrumen soal model PISA sebanyak 23 butir soal (pxx= 0,90). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan nilai rata-rata, standar deviasi, nilai maksimum, nilai minimum, skor total, persentase menjawab benar serta statistik uji t (α = 0,05) untuk menentukan estimasi interval kepercayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP di eks-karesidenan Kediri dalam menyelesaikan soal model PISA termasuk kategori sedang. Ditinjau dari domain proses, kemampuan siswa SMP di eks-karesidenan Kediri pada domain formulating termasuk kategori rendah, domain employing termasuk kategori sedang dan domain interpreting termasuk kategori tinggi. Ditinjau dari domain konten, kemampuan siswa SMP di eks-Karesidenan Kediri pada domain quantity termasuk kategori sedang, domain change and relationship termasuk kategori rendah, domain space and shape termasuk kategori rendah dan domain uncertainty and data termasuk kategori tinggi. Kemampuan siswa SMP di eks-karesidenan Kediri dalam menyelesaikan soal model TIMSS terasuk kategori sedang. Ditinjau dari domain konten, kemampuan siswa SMP di eks-karesidenan Kediri pada domain bilangan termasuk kategori tinggi, domain aljabar dan geometri termasuk kategori sedang, dan domain data dan peluang termasuk kategori tinggi. Ditinjau dari domain kognitif, kemampuan siswa SMP di eks-Karesidenan Kediri pada domain pengetahuan termasuk kategori tinggi, domain penerapan termasuk kategori sedang, dan domain penalaran termasuk kategori rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: matematika, PISA, TIMSS
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:58
Last Modified: 29 Jan 2019 12:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48746

Actions (login required)

View Item View Item