Pengaruh Pelatihan Teacher Quality Improvement (TQI) Titian Foundation, Karakteristik Guru, Kurikulum, dan Keterampilan Penguatan terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Klaten

Kristin, Monika (2017) Pengaruh Pelatihan Teacher Quality Improvement (TQI) Titian Foundation, Karakteristik Guru, Kurikulum, dan Keterampilan Penguatan terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-monika-kristin-14719251004.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pelatihan TQI Titian Foundation, (2) pengaruh jenis kelamin guru, (3) pengaruh pengalaman mengajar, (4) pengaruh kurikulum, (5) pengaruh keterampilan penguatan, dan (6) pengaruh pelatihan TQI Titian Foundation, jenis kelamin, pengalaman penguatan, kurikulum, dan keterampilan mengajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP negeri di Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel 400 siswa SMP negeri kelas VIII di Kabupten Klaten ditentukan dengan menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling. Data diperoleh melalui dokementasi dan angket dengan skala Likert. Pengujian validitas dilakukan dengan expert judgement dan Confirmatory Factor Analysis (CFA) uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan teknik statistik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelatihan TQI Titian Foundation berpengaruh signifikan pada hasil belajar, (2) jenis kelamin guru berpengaruh signifikan pada hasil belajar, (3) pengalaman mengajar berpengaruh signifikan pada hasil belajar (4) kurikulum berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (5) keterampilan penguatan berpengaruh signifikan pada hasil belajar. (6) pelatihan TQI Titian Foundation, jenis kelamin, pengalaman mengajar, kurikulum, dan keterampilan penguatan secara bersama-sama berpengaruh signifikan pada hasil belajar IPS kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Klaten.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pelatihan, Teacher Quality Improvement
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2017 01:52
Last Modified: 29 Jan 2019 12:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48743

Actions (login required)

View Item View Item