IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODUL TEKNIK LAS SMAW BERBANTUAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK JURUSAN TEKNIK PEMESINAN KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Muhammad, Aminullah (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODUL TEKNIK LAS SMAW BERBANTUAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK JURUSAN TEKNIK PEMESINAN KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi (TAS).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui prestasi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran modul teknik las SMAW berbantuan augmented reality pada mata pelajaran Teknologi Mekanik kelas X SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (2) mengetahui tingkat keefektifan penggunaan media pembelajaran modul teknik las SMAW berbantuan augmented reality pada mata pelajaran Teknologi Mekanik kelas X SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian. Subyek penelitiannya adalah kelas X TP 3 berjumlah 24 siswa. Data dikumpulkan dari tes prestasi (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji g. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) tingkat prestasi siswa pada proses belajar mengajar dengan menggunakan media media pembelajaran modul teknik las SMAW berbantuan augmented reality termasuk dalam kategori sedang. Hal tersebut dibuktikan dengan didapatkannya data berupa nilai gain pembelajaran modul teknik las SMAW berbantuan augmented reality sebesar 0,31. (2) keefektifan penggunaan pembelajaran modul teknik las SMAW berbantuan augmented reality yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai persentase keefektifan 87,5% yang artinya termasuk dalam kategori efektif. Kata kunci: implementasi, media pembelajaran modul teknik las SMAW, dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 13:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48732

Actions (login required)

View Item View Item