LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Rizki Yuni Lestari, Rizki Yuni Lestari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIZKI YUNI LESTARI_FMIPA_Pendidikan Fisika_13302241001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program yang dapat mendorong mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, baik softskill dan hardskill. PPL memiliki bobot SKS sebanyak 3 SKS yag wajib ditempuh mahasiswa kependidikan S1 di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa yang nantinya akan menjalani profesi sebagai seorang pendidik dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi mengajar, kepribadian, profesional, dan sosial. Mahasiswa melaksanakan PPL di SMA Negeri 1 Kasihan yang terletak di Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, terhitung sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan ini meliputi praktik mengajar di kelas, kegiatan rutin non mengajar sekolah seperti membantu menjaga UKS, perpus, dan piket serta kegiatan insidental lainnya yang diselenggarakan oleh pihak SMA Negeri 1 Kasihan. Mahasiswa memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dan non mengajar. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar walaupun terdapat sedikit kendala terkait kurikulum yang digunakan di SMA 1 Kasihan. Kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan selalu berkonsultasi dengan guru pembimbing dan DPL pamong prodi. Mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan dan dapat menghadapi berbagai kondisi dan situasi yang ada di kelas. Dapat dikatakan, proses PPL mahasiswa di SMA Negeri 1 Kasihan berjalan dengan lancar hingga batas waktu penarikan. Mahasiswa merasakan bahwasanya PPL ini memberikan manfaat yang cukup besar. Selama kegiatan PPL berlangsung, aplikasi dari materi yang didapatkan di bangku kuliah dapat secara langsung diterapkan pada obyek yang tepat, khususnya siswa-siswi SMA Negeri 1 Kasihan. Mahasiswa juga belajar tentang bagaimana mengatur kelas dan mengelolanya. Hal yang paling penting dari kegiatan PPL ini adalah mahasiswa memperoleh pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan seluruh warga sekolah yang meliputi siswa, guru, maupun masyarakat sekolah lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMA Negeri 1 Kasihan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Apr 2017 00:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48731

Actions (login required)

View Item View Item