PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT BERBASIS LECTORA PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA KELAS X DI SMK NEGERI 1 NGAWEN YOGYAKARTA

Istri, Nur Rohmah (2017) PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT BERBASIS LECTORA PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA KELAS X DI SMK NEGERI 1 NGAWEN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
skripsi print full.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media power point berbasis lectora pada pembelajaran menggambar busana kelas x di SMK Negeri 1 Ngawen Yogyakarta; (2) mengetahui kelayakan media power point berbasis lectora pada pembelajaran menggambar busana kelas x di SMK Negeri 1 Ngawen Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang di kutip oleh Tim Puslitjaknov dengan 6 tahapan yang meliputi: (1) tahap analisis kebutuhan produk, (2) tahap pengembangan produk awal, (3) tahap validasi ahli dan revisi, (4) tahap uji coba skala kecil, (5) tahap uji coba lskala besar, dan (6) produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Ngawen dengan subjek penelitian kelas X Busana Butik berjumlah 45 siswa yang dibagi untuk uji coba skala kecil 15 siswa dan uji coba skala besar berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket. Validitas menggunakan content validity dengan meminta pendapat judgedment expert dan construct validity uji skala kecil dengan hasil instrumen dinyatakan valid. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0,955, dengan hasil instrumen dinyatakan reliabel. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa: 1) media power point berbasis lectora untuk pembelajaran menggambar busana dengan tahap pengembangan antara lain; a) analisis kebutuhan dengan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa, analisa kebutuhan produk berupa analisis kurikulum dan silabus; b) pengembangan produk awal di mulai dengan mengumpulkan materi dan menyusun materi secara sistematis, mendesain alur pembuatan media dengan membuat storyboard, media yang dibuat berupa power point berbasis lectora; c) validasi ahli media dan materi dengan hasil masing-masing menyatakan “layak” dengan dengan skor 15; d) uji coba skala kecil pemperolehan skor mean (61,4), median (64), modus (56), menunjukkan bahwa nilai tersebut termasuk kategori “layak” pada rentang antara 63 > X ≥ 48; e) uji coba skala besar pemperolehan skor mean (61,9), median (61), modus (60), menunjukkan bahwa nilai tersebut termasuk kategori “layak” pada rentang antara 63 > X ≥ 48. 2) Kelayakan media media power point berbasis lectora dari penilaian ahli media, ahli materi, uji coba skala kecil, uji coba skala besar dinyatakan “layak” sehingga, dapat disimpulkan bahwa media power point berbasis lectora pada pembelajaran menggambar busana kelas X SMK Negeri 1 Ngawen dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : media power point berbasis lectora

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 13:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48730

Actions (login required)

View Item View Item