IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Alfiyati, Ayu (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ayu Alfiyati_13110241045_skripsi.8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeksripsikan Implementasi Program Pendidikan Anti Korupsi di SMA Negeri 6 Yogyakarta, (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam Impelementasi Program Pendidikan Anti Korupsi di SMA Negeri 6 Yogyakarta, (3) Mendeskripsikan Hasil dari Program Pendidikan Anti Korupsi di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa, guru, dan kepala sekolah di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi Program Pendidikan Anti Korupsi: (a) Dimulai tahun 2014 dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah nomor 188/210 dengan kebijakan di atasnya yaitu Instruksi Presiden nomor 5 tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi, (b) Sumber dana berasal dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, (c) Kegiatan penunjang: sosialisasi, pembuatan dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP), perlombaan kreatif, pengembangan media informasi, dan kantin kejujuran, (2) Faktor Pendukung: (a) sarana dan prasarana yang mendukung (b) adanya partisipasi dari seluruh warga sekolah, (c) adanya dana bantuan sosial dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Faktor penghambat: (a) Kurangnya fasilitas buku tentang pendidikan anti korupsi (3) Hasil dari Program Pendidikan Anti Korupsi ialah adanya perkembangan perilaku siswa diantaranya (a) kejujuran, (b) kepedulian, (c) kemandirian, (d) kedisiplinan, (e) tanggung jawab, (f) kerja keras, (g) sederhana, (h) keberanian, dan (i) keadilan. Kata kunci : Program Pendidikan Anti Korupsi, Pendidikan Anti Korupsi di SMA, Anti Korupsi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:14
Last Modified: 17 Apr 2017 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48715

Actions (login required)

View Item View Item