KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI TK NEGERI 2 YOGYAKARTA DAN TK LABORATORI PEDAGOGIA

Winata, Dhevian Reyza (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI TK NEGERI 2 YOGYAKARTA DAN TK LABORATORI PEDAGOGIA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dhevian Reyza Winata_12110241049_skripsi.4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kompetensi Pedagogik Guru di TK Negeri 2 Yogyakarta dan TK Laboratori Pedagogia dan (2) Kendala Kompetensi Pedagogik Guru di TK Negeri 2 Yogyakarta dan TK Laboratori Pedagogia Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 kepala sekolah dan 4 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru TK Negeri 2 Yogyakarta memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai, memiliki berbagai cara dalam menghadapi karakter anak, silabus dan rpp sudah tersusun beberapa bulan sebelum tahun ajaran baru dimulai, merencanakan media pembelajaran agar pembelajaran tidak monoton, memberikan reward supaya anak menjadi aktif dalam pembelajaran, menjadi koordinator dan pendamping dalam ekstrakurikuler, dan evaluasi dilihat dari perkembangan anak dari hari-kehari. Sedangkan guru TK Laboratori Pedagogia memiliki latar belakang pendidikan untuk pendidikan anak usia dini, mengobservasi karakteristik siswa sejak pertama masuk kelas, pengembangan kurikulum dilakukan dengan menyusun tema dan sub-tema yang dekat dengan anak, menggunakan model pembelajaran kelompok, memanfaatkan teman sebaya untuk membuat peserta didik aktif, bertanggung jawab terhadap anak didik dalam ekstrakurikuler, dan lebih menekankan untuk mendeskripsikan tingkat pencapaian perkembangan anak setiap hari (2) Kendala yang dialami guru TK Negeri 2 Yogyakarta dalam kompetensi pedagogik meliputi waktu yang kurang dalam pengembangan kurikulum, orangtua yang tidak bisa mengantar anak untuk ekstrakurikuler, dan rapor yang berupa narasi karena memakan banyak waktu. Sedangkan untuk TK Laboratori Pedagogia meliputi perubahan mood anak sebelum berangkat sekolah yang merubah karakteristik anak, orangtua yang menutupi karakter anak di rumah, tidak semua siswa bisa mengikuti lomba untuk menunjukan potensinya, dan penerapan model belajar kelompok yang disesuaikan dengan minat membuat hasil yang diperoleh siswa menjadi berbedabeda. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Taman Kanak-Kanak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 17 Apr 2017 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 13:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48711

Actions (login required)

View Item View Item