Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Sikap Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Proses IPA Siswa SMP Kelas VII

Rokhmaniyati, Sri (2017) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Sikap Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Proses IPA Siswa SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-rokhmaniyati-14708259005.swf

Download (4MB)
[img] Text
produk-sri-rokhmaniyati-14708259005.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA model guided inquiry yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep, sikap rasa ingin tahu, dan keterampilan proses IPA pada materi asam, basa, garam dan sifat asam basa pada bahan makanan bagi siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall dengan melaksanakan tahap: studi pendahuluan, perencanaan dan pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi draft, uji coba terbatas, evaluasi dan revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk operasional, dan revisi produk akhir. Data yang diamati adalah respon terhadap proses pembelajaran, pemahaman konsep, sikap rasa ingin tahu, dan keterampilan proses IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi SSP IPA, tes, angket respon siswa, dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis multivariat. Hasil penelitian menunjukkan Subject Specific Pedagogy IPA model guided inquiry layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep, sikap rasa ingin tahu, dan keterampilan proses IPA. Tingkat kelayakan ditunjukkan dengan hasil validasi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, dan instrumen penilaian pada kategori sangat baik. Subject Specific Pedagogy IPA model guided inquiry efektif meningkatkan pemahaman konsep, rasa ingin tahu, dan keterampilan proses IPA karena terjadi peningkatan rata-rata gain skor 71 % pada pemahaman konsep, gain skor 69 % pada sikap rasa ingin tahu, dan skor rata-rata keterampilan proses IPA setelah pembelajaran dengan model guided inquiry sebesar 86. Terdapat perbedaan secara signifikan antara siswa yang menggunakan Subject Specific Pedagogy IPA model guided inquiry dengan siswa yang tidak menggunakan model guided inquiry.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy, IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2017 07:28
Last Modified: 29 Jan 2019 12:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48708

Actions (login required)

View Item View Item