Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Proses Pembinaan Guru di SMP Negeri Bian Timor Tengah Utara

Seran, Herlina (2017) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Proses Pembinaan Guru di SMP Negeri Bian Timor Tengah Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-herlina-seran-14703251006.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaraan di SMP Negeri Bian Timor Tengah Utara; (2) peran kepemimpinan kepala sekolah dalam proses pembinaan guru di SMP Negeri Bian Timor Tengah Utara. Penelitian ini merupakan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis model interaktif Miles & Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam proses pembinaan guru yaitu: (1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaran sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, entrepreneur, dan climator. (2) Pembinaan guru yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui pembinaan supervisi pendidik, pembinaan melalui pendidikan dan latihan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, pembinaan guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2017 06:38
Last Modified: 29 Jan 2019 12:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48704

Actions (login required)

View Item View Item