Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TPS (Think-Pair-Share) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo

Anitasari, Mike Elly (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TPS (Think-Pair-Share) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mike-elly-anitasari-12702251033.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Penerapan metode pembelajaran cooperative tipe TPS pada hasil belajar dan motivasi belajar, (2) Perbedaan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif antara mahasiswa yang diajar dengan metode ceramah dan mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe TPS (Think-Pair–Share). Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research). Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group desain. Subjek penelitian ini berjumlah 56 mahasiswa yang terdiri dari kelompok kontrol sebanyak 28 mahasiswa dan kelompok eksperimen sebanyak 28 mahasiswa. Kelompok kontrol diajar menggunakan metode ceramah, dan kelas eksperimen diajar dengan metode TPS. Teknik analisis menggunakan analisis independent t test (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan nilai rata-rata motivasi dan hasil belajar dengan metode pembelajaran cooperative tipe TPS lebih tinggi dibandingkan menggunakan motode ceramah, (2) motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah listrik dan elektronika otomotif yang diajar dengan metode TPS lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cooperetive learning, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2017 06:28
Last Modified: 29 Jan 2019 12:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48702

Actions (login required)

View Item View Item