Pembuatan Aplikasi Worked Example (WE) Listrik Dinamis Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Interpretasi Rangkaian Listrik Fisika SMA

Yadiannur, Mitra (2017) Pembuatan Aplikasi Worked Example (WE) Listrik Dinamis Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Interpretasi Rangkaian Listrik Fisika SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mitra-yadiannur-15726251037.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan aplikasi WE listrik dinamis berbantuan android; (2) pemanfaatan aplikasi WE listrik dinamis berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan interpretasi rangkaian listrik fisika SMA; serta (3) efektifitas aplikasi WE listrik dinamis berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan interpretasi rangkaian listrik fisika SMA. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan kombinasi model 4-D (Four-D Models) dan ADDIE. Pengembangan dilakukan melalui enam tahapan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, tahap evaluasi, dan tahap penyebaran. Validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli materi fisika, dua orang ahli media pembelajaran, 3 guru fisika, dan 4 orang teman sejawat. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas XII MIPA SMAN 5 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian kualitas produk, tes kemampuan representasi matematis dan interpretasi rangkaian listrik. Teknik analisis data menggunakan Anava Mixed Design pada General Linear Model (GLM) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil Penelitian adalah sebagai berikut. (1) Aplikasi WE listrik dinamis yang dibuat dinilai layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran ditinjau dari penilaian aspek materi dengan nilai Aiken’s V sebesar 0,80, aspek media dengan nilai Aiken’s V sebesar 0,81, aspek worked example dengan nilai Aiken’s V sebesar 0,90 dan hasil uji coba peserta didik dengan nilai Aiken’s V sebesar 0,81. Aplikasi WE listrik dinamis memiliki kriteria kualitas sangat baik berdasarkan penilaian expert judgment, teman sejawat, dan guru fisika, serta memiliki kualitas sangat baik berdasarkan penilaian peserta didik. 2) Aplikasi WE listrik dinamis berbantuan android dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan interpretasi rangkaian listrik berdasarkan nilai Mean Difference (MD) sebesar -27,974. 3) Efektifitas aplikasi WE listrik dinamis berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan interpretasi rangkaian listrik sebesar 88,3% berdasarkan Partial Eta Squared pada Multivariate Test.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aplikasi worked example
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2017 06:16
Last Modified: 29 Jan 2019 12:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48701

Actions (login required)

View Item View Item