INDUCTIVE TEACHING METHODS: UPAYA INTERNALISASI SCIENTIFIC ATTITUDE MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM FISIKA DASAR I.

Sabar Nurohman, M.Pd.Si and Suharyanto, M.Pd INDUCTIVE TEACHING METHODS: UPAYA INTERNALISASI SCIENTIFIC ATTITUDE MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM FISIKA DASAR I. UNY.

[img]
Preview
Text
semnas091_2.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Abstrak Kuliah Praktikum Fisika Dasar yang selama ini dilaksanakan, belum mampu menumbuhkan sikap ilmiah secara optimal. Mahasiswa kebanyakan terjebak pada aspek teknik-mekanik pada saat menjalanakan praktikum dan mengabaikan aspek scientific attitude. Oleh karena itu butuh suatu terobosan dalam pembelajaran agar mampu menumbuhkan scientific attitude mahasiswa melalui Praktikum Fisika Dasar I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Inductive Teaching Methods pada mata kuliah praktikum Fisika Dasar I agar dapat meningkatkan internalisasi Scientific Attitude mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR). Melalui suatu tindakan bersiklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi diharapkan ditemukan suatu skenario pembelajaran Inductive Teaching Methods yang paling efektif dan efisien untuk meningkatkan internalisasi scientific attitude mahasiswa. Setelah dilakukan dua siklus tindakan kelas diketahui bahwa (1) Skenario pembelajaran pada tindakan siklus II telah berhasil menginternalisasikan aspek scientific attitude mahasiswa, hal ini ditandai dengan perolehan nilai indikator scientific attitude hingga pada taraf 66%, (2) Skenario pembelajaran pada tindakan siklus II terdiri dari langkah-langkah (a) asisten mengungkapkan permasalahan eksperimen, (b) mahasiswa melakukan kajian teori, (c) mahasiswa merumuskan hipotesis, (d) mahasiswa merancang percobaan, (e) dosen melakukan uji pemahaman konsep, (f) mahasiswa melakukan percobaan, (g) Mahasiswa membuat laporan sementara, (h) dosen meminta mahasiswa untuk membuat grafik hubungan antar variabel percobaan. Kata kunci: Inductive Teaching Methods, Scientific Attitude

Item Type: Article
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 03:08
Last Modified: 21 Jun 2012 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item