Pengaruh Pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Terhadap Literasi Sains dan Keterampilan Sosial Siswa SMA

Irmita, Luthfia Ulva (2017) Pengaruh Pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Terhadap Literasi Sains dan Keterampilan Sosial Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-luthfia-ulva-irmita-15728251004.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan TPACK terhadap literasi sains dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretes-postes kontrol grup. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Banguntapan yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang berjumlah 118 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas XI IPA 1 dan IPA 2 yang berjumlah 62 siswa. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen yaitu pembelajaran laju reaksi kimia menggunakan pendekatan TPACK dengan model discovery learning, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran laju reaksi kimia menggunakan pendekatan teacher center dengan model direct instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian literasi sains, angket dan lembar observasi keterampilan sosial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu MANOVA dengan bantuan SPSS dan model RASCH dengan bantuan aplikasi Quest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan ada pengaruh pendekatan TPACK terhadap literasi sains dan keterampilan sosial siswa, namun secara parsial tidak ada pengaruh pendekatan TPACK terhadap keterampilan sosial siswa SMAN 2 Banguntapan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Technological Pedagogical and Content Knowledge
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:46
Last Modified: 29 Jan 2019 12:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48695

Actions (login required)

View Item View Item