IMPLEMENTASI TRILOGI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA

Nugroho, Lilik (2017) IMPLEMENTASI TRILOGI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Lilik Nugroho_09110244034_skripsi.1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih mendalam tentang Implementasi Trilogi Kepemimpinan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan formal yang berfokus: (1) untuk mengetahui penerapan trilogi kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta, (2) untuk mengetahui kendala dan upaya penerapan kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data dengan langkah-langkah, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang Implementasi Kepemimpinan Trilogi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta, ditarik kesimpulan; 1) Penerapan kepemimpinan Trilogi Ki Hadjar Dewantara di SD Taman Muda Tamansiswa menerapkan sistem among sebagai sistem pendidikan yang didasarkan asas kemerdekaan dan kodrat alam yang selanjutnya dikembangkan menjadi lima asas pokok yang disebut Pancadarma Taman Siswa yang meliputi asas kemerdekaan atau kebebasan, asas kodrat alam, asas kebudayaan, asas kebangsaan dan asas kemanusiaan; 2) Hambatan yang ditemui dalam menerapkan Trilogi kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara terdapat dua faktor yang diantaranya adalah faktor internal atau faktor yang berasa dari dalam sekolah dan faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar sekolah. Faktor yang berasal dari dalam sekolah meliputi sumber daya manusia dalam hal ini pendidik atau guru, Sarana dan prasarana yang disediakan sekolah, dan kemampuan siswa itu sendiri; 3) Upaya sekolah untuk mengatasai beberapa hambatan adalah dengan mengembangkan sumber daya manusia dalam hal ini pendidik atau guru melalui pembinaan, Diklat pendidikan, dan pemberian tugas tambahan bagi guru. Kata kunci: implementasi, trilogi kepemimpinan, pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 13 Apr 2017 06:07
Last Modified: 30 Jan 2019 13:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48694

Actions (login required)

View Item View Item